SMPK-SantoAgustinus-Purwoharjo

SMPK-SantoAgustinus-Purwoharjo

Kasih-Peduli-Cerdas-Transformatif
Terakreditasi A
PROFILE

Sejarah SMPK Santo Agustinus Purwoharjo

02/Apr/2022


Atas swadaya umat (Masyarakat buruh tani) didirikan sekolah dengan fasilitas yang sangat sederhana, berdinding anyaman bambu dan berlantai tanah pada tahun 1962 di sebuah desa di tepi hutan jati di desa Glagahagung (sekarang menjadi Desa Karetan) kecamatan Purwoharjo Banyuwangi selatan, dikelola oleh Yayasan Karmel. Seiring semakin banyak peminatnya, biaya operasional semakin meningkat, sedangkan siswanya kebanyakan dari keluarga tidak mampu, akhirnya Yayasan Karmel tidak mampu lagi mengelola dan menyerahkan kembali kepada Paroki yang akhirnya dikelola oleh Yayasan Karya Sang Timur.

”Sekolah ini sudah terlanjur didirikan, banyak orang kecil menaruh harapan pada sekolah ini, Tuhan pasti membuka jalan kepada kita,” kata Rm. H. Demmer O.Carm (romo paroki pada saat itu). Dan secara cepat pihak paroki mendirikan ”Yayasan Yos Sudarso” untuk mengelola sekolah ini sambil terus diupayakan Yayasan Pendidikan Katolik yang bersedia mengelola sekolah miskin ini.

Pada tahun pelajaran 1981/1982 SMP Katolik Santo Agustinus Purwoharjo mulai tergabung sebagai bagian dari Yayasan Karya Sang Timur sampai dengan saat ini.

 kembali